Tuesday, July 3, 2018

DAMPAK DAN PENYEBAB GLOBAL WARMING


DAMPAK DAN PENYEBAB GLOBAL WARMING


banyak dampak yang sangat merugikan yang dihasilkan dan dirasakan oleh semua makhluk hidup di muka bumi karena adanya golbal warming atau pemanasan global yang semakin hari semakin meningkat
·         Iklim Tidak Stabil
Pada daerah yang panas udaranya akan semakin lembab karena semakin banyak air laut yang menguap.Semakin banyaknya air yang menguap akan berdampak pada 2 kemungkinan. Kemungkinan pertama akan semakin menambah panas bumi, karena air juga merupakan zat pembentuh rumah kaca.Kemungkinan kedua akan terbentuk lebih banyak awan yang akan memantulkan langsung sinar dari matahari. Proses kedua tersebut lebih bagus karena dapat menurunkan panas bumi.
·         Curah Hujan Meningkat
Kelembapan yang tinggi dan semakin besarnya air yang menguap mengakibatkan curah hujan meningkat tajam, yaitu sekitar 1% setiap derajat Fahrenheit peningkatan panas. Dalam kurun waktu 100 tahun terakhir curah hujan telah naik 1%.Meski curah hujan meningkat namun air tersebut lebih cepat menguap lagi. Itulah keanehan yang dirasakan oleh para petani dan pekebun.
·         Mencairnya ES di kutub
selama global warming / pemanasan global suhu di kutub utara semakin hangat sehingga gunung-gunung es mencair. Semakin sedikit es yang terapung di lautan. Akibatnya daratan es juga semakin sedikit. Di daerah subtropis semakin sedikit gunung yang puncaknya tertutup es.
·         Dampak Sosial dan Politik
Dampak sos-pol akibat global warming difahami oleh elit negara-negara di dunia. Polemik global warming dihubungkan dengan industri di negara maju yang kurang memperhatikan efeknya terhadap global warming. Sementara negara berkembang dianggap paling berperan dalam penanggulangan global warming karena masih memiliki hutan yang luas

·         Terjadinya Pola Penyimpangan El Nino dan La Nina
El Nino dan La Nina merupakan bentuk gejolak dinamika laut dan atmosfer yang mempengaruhi cuaca di sekitar laut pasifik. Keduanya adalah bentuk penyimpangan iklim. El Nino adalah penyimpangan iklim di samudra pasifik yang ditandai dengan naiknya suhu permukaan laut di bagian tengah dan timur. Sedangkan La Nina adalah kebalikannya yaitu menurunnya suhu permukaan air laut di bagian timur ekuator lautan pasifik. Contoh akibat El Nino adalah matinya aneka macam hayati di laut dan rusaknya terumbu karang. Hal ini karena adanya apwelling. Yaitu arus naik ke permukaan yang membawa banyak 
·         Pergeseran Ekosistem
Pergeseran ekosistem sangat berbahaya karena dapat meningkatkan penularan penyakit melalui air. Pertumbuhan ekosistem hawan, virus dan bakteri berbahaya tak terkendali

Penyebab Global Warming


  • Efek Rumah Kaca : efek rumah kaca adalah proses atmosfer menghangatkan planet. efek rumah kaca terjadi akibat panas yang dipantulkan ke permukaan bumi terperangkap oleh gas-gas di atmosfer, sehingga tidak dapat diteruskan ke luar angkasa, melainkan dipantulkan kembali ke permukaan Bumi. Efek rumah kaca memiliki manfaat bagi makhluk hidup di Bumi, namun  jika berlebihan berbahaya kehidupan di Bumi karena dapat mempengaruhi dan mengganggu iklim. 
  • Meningkatnya Gas Rumah Kaca : Gas-gas memiliki sifat yang memerangkap panas, sehingga panas yang terpantul dari permukaan bumi tidak dapat diteruskan ke cahaya akibat dari gas tersebut, gas-gas tersebut adalah gas rumah kaca. Gas yang paling berperan adalah karbon dioksida (CO2). penyebab meningkatnya karbon dioksida adalah pembakaran bahan bakar batu bara, pembakaran minyak bumi, pembakaran gas alam. 
  • Penggunaan CFC yang Tidak Terkontrol : CFC atau Cloro Flour Carbon adalah bahan kimia yang digabungkan menjadi sebuah bahan untuk memproduksi peralatan, terkhusus pada peralatan rumah tangga. CFC terdapat pada kulkas dan AC. 
  • Polusi Kendaraan berbahan bakar bensin : Kendaraan memberikan penyebab terbesar dalam terjadi pemanasan global. Polusi yang dihasilkan kendaraan berbahan bakar bensin seperti motor, mobil dan kendaraan lainnya dimana dari hasil pembuangannya menghasilkan gas karbon dioksida yang berlebihan. Gas karbon dioksida merupakan penyebab utama terjadinya pemanasan global karena karbon dioksida adalah gas yang memerangkap panas sehingga tidak dapat keluar ke angkasa. 
  • Polusi Metana oleh Pertanian, Perkebunan, dan Peternakan : Gas metana menempati urutan kedua sebagai penyebab utama terjadinya pemanasan global. Gas metana dapat berasal dari bahan-bahan organik yang kekurangan oksigen dari hasil pemecahan bakteri seperti di persawahan, sedangkan pada peternakan, seperti usus hewan ternak, meningkatnya produksi hewan ternak maka meningkatnya pula gas metana yang dilepaskan ke permukaan bumi. 
Pengrusakan Hutan : Hutan berfungsi dalam menyerap karbon dioksida dan mengeluarkan oksigen, jika hutan rusak akibat dari penebangan dan pembakaran, maka yang terjadi adalah jumlah karbon dioksida yang diserap oleh hutan sedikit, dan semakin 



0 comments:

Post a Comment