Thursday, November 30, 2017

Istilah-istilah web dan internet berserta pengertiannya



halo guys ketemu lagi dengan artikel saya ,kali saya akan menulis istilah istilah web dan internet beserta pengertiannya,jika kalian sudah tau tetapi tidak tau pengertiannya silahkan baca dibawah ini

langsung aja yuk ..

Link  : Koneksi hypertext antar halaman-halaman web. Sinonim dengan hotlink atau hyperlink.
URL  : Uniform Resource Locator, yaitu alamat dokumen atau sumber-sumber lain di internet. URL menyajikan informasi tentang bagaimana sebuah server serta alamat-alamat file lainnya diakses.
Upload : Kegiatan mentransfer atau mengirim suatu file ke komputer lain.
Web Page : Dokumen HTML yang bisa diakses melalui internet.
World Wide Web : Atau dikenal juga dengan istilah WWW atau W3 adalah layanan internet berbasis hiperteks yang digunakan untuk menelusuri sumber-sumber di internet.
Address bar: Semacam kota kecil tempat penginputan nama domain atau alamat-alamat web lainnya pada browser web.
CSS(Cascading Style Sheets) : Bahasa yang direkomendasikan W3C (World Wide Web Consortium) untuk mendefiniskan style (seperti jenis, ukuran, warna huruf, dan lain-lain) pada dokumen web.
Download : Transfer file atau informasi dari komputer lain ke komputer kita. Dalam istilah web, download berarti transfer file dari server web ke klien web.
Content : Isi sebuah website yang mencakup, teks, gambar, atau media-media lainnya. Content harus dibedakan dari layout. Yang disebut kemudian berhubungan dengan bagaimana sebuah halaman web ditampilkan.
GIF : Graphic Interchange Format. Salah satu format file gambar yang ada pada situs web, digunakan untuk mentransfer file-file grafik ke dan dari layanan-layanan online.
HTML : HyperText Markup Language. HTML merupakan bahasa yang digunakan untuk mendefinisikan sejumlah bagian dari sebuah dokumen web dalam bentuk tag, sehingga browser dapat mengetaui bagaimana menampilkan dokumen web tersebut yang mencakup, link, text, gambar dan media-media lainnya seperti video dan audio.
HTTP: Kependekan dari Hypertext Transfer Protocol, yaitu aturan-aturan yang digunakan untuk menghubungkan dan mengirimkan dokumen-dokumen hypertext seperti web.
Meta Data: Meta data adalah data di atas data. Meta data merupakan informasi tentang sebuah web yang sedang aktif. Umumnya digunakan dalam hubungannya dengan optimasi search engine (SEO). Dalam dokumen HTML, meta data diletakkan antara dan tag dan . Pada saat sebuah web ditampilkan pada daftar hasil pencarian sebuah search engine (SERP), meta data akan menyediakan ulasan singkat tentang web yang ditampilkan tersebut.
JPEG atau JPG : Joint Photographic Experts Group, yaitu format grafik yang cocok digunakan untuk gambar-gambar dengan banyak warna, seperti photo.
IP: Kependekan dari Internet Protocol. Protokol yang digunakan untuk mengirim data dalam sebuah jaringan, terutama pada jaringan internet. IP berbentuk bilangan yang terdiri dari empat angka yang dipisahkan dengan titik. Angka-angka tersebut dapat diterjemahkan menjadi nama domain.
Surfing: Kegiatan menelusuri dan mencari informasi dalam internet melalui layanan web
Website (web site) merupakan sekumpulan halaman-halaman web (web page), gambar, video atau aset-aset digital lainnya yang disimpan pada satu atau lebih web server, biasanya dapat diakses melalui internet.
Surfer: Orang yang melakukan surfing
Web Browser: Lihat Browser
Blog: Layanan di web yang digunakan untuk menulis jurnal yang biasanya diupdate harian atau mingguan. Blog biasanya digunakan secara cuma-cuma. Tapi ada juga yang berbayar. Melalui blog, kita bisa memposting tulisan-tulisan kita tentang berbagai topik yang membuat kita menarik untuk dibaca oleh publik. Kegiatan mengupdate informasi di blog disebut blogging, sedangkan pemilik blog disebut blogger.
Browser atau browser web (Web browser) adalah software yang digunakan untuk menelusuri dan menampilkan informasi dari web server, seperti Internet Explorer, Opera, Mozilla Firefox, dan Safari.

Bandwidth: Istilah yang digunakan untuk mengukur kecepatan (jumlah data) yang dikirimkan melalui koneksi internet.
Domain: Di dunia internet atau web, domain adalah nama yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah alamat komputer.
FTP: File Transfer Protocol, yaitu protokol yang memungkinkan seseorang mentransfer file dari satu komputer ke komputer lainnya. FTP biasa digunakan untuk menransfer file web kita ke komputer server atau penyedia hosting.
FAQ: Kependekan dari Frequently Asked Questions atau “Pertanyaan yang Sering Diajukan”. FAQ merupakan salah satu feature website yang menyajikan daftar jawaban atas pertanyaan yang sering diajukan berkaitan dengan layanan atau penggunaan informasi yang disajikan oleh website tersebut. Membaca FAQ sangat dianjurkan sebelum Anda menelusuri lebih jauh halaman-halaman sebuah web untuk mendapatkan gambaran umum website tersebut.
Favicon: Favicon atau Favorites Icon adalah grafik yang berukuran kecil yang dihubungkan dengan sebuah web. Favicon biasa diletakkan di belakang nama domain sebuah website pada addres bar. File icon ini biasanya berekstensi “.ico”.
Hidden text (teks yang disembunyikan) adalah teks yang bisa dibaca oleh search engine, tapi tidak oleh manusia. Teks tersebut tidak bisa dibaca karena memiliki warna yang sama dengan warna latar (background). Oleh kebanyakan search engine, hidden text biasanya dianggap sebagai spam
Hyperlink: Tanda atau penunjuk ke dokumen lain web Hyperlink sinonim dengan hotlink, anchortext, atau link.
Hypertext: Dalam dunia web, hypertext adalah teks yang bisa di-klik
WYSYWYG: What You See Is What You Get (Apa Yang Anda Lihat, itulah Yang Anda Dapatkan).
WYSYWYG Editor Program untuk membuat dan mengedit layout, desain atau isi sebuah web tanpa perlu menuliskan kode-kode HTML, seperti FrontPage, Dreamweaver
Wiki: Website yang yang disusun oleh para pembacanya. Para pembaca dipersilahkan untuk mengedit halaman manapun untuk membuat isinya lebih lengkap dan valid. Contoh website jenis ini adalah Wikipedia; ensiklopedia online dalam format wiki
W3C: Kependekan dari World Wide Web Consortium, yaitu badan resmi non-profit yang menyusun aturan-aturan standar untuk teklologi web.
Webmaster: Seseorang yang melakukan kegiatan manajeman website untuk memastikan bahwa website tersebut dapat berfungsi dengan baik.
PHP atau Hypertext Preprocessor : bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk programer untuk membuat website dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS atau Content Management System.


sumber informasi

sampai disini dulu ya guys jangan lupa klik dan share

0 comments:

Post a Comment