Tuesday, June 19, 2018

4 Atlet Lari Tercepat diDunia


Lari adalah salah satu cabang olahraga tertua di dunia. Sebelum menjadi sebuah cabang olahraga, lari sudah dikenal oleh peradaban-peradaban manusia kuno.
Lari sprint atau lari jarak pendek adalah lari yang menempuh jarak antara 50 meter sampai dengan jarak 400 m. Oleh karena itu kebutuhan utama untuk lari jarak pendek adalah kecepatan. Kecepatan dalam lari jarak pendek adalah hasil kontraksi yang kuat dan cepat dari otot-otot yang diubah menjadi gerakan halus lancer dan efisien dan sangat dibutuhkan bagi pelari untuk mendapatkan kecepatan yang tinggi. Seorang pelari jarak pendek (sprinter) yang potensial bila dilihat dari komposisi atau susunan serabut otot persentase serabut otot cepat (fast twitch) lebih besar atau tinggi dengan kemampuan sampai 40 kali perdetik dalam vitro dibanding dengan serabut otot lambat (slow twitch) dengan kemampuan sampai 10 kali perdetik dalam vitro. Oleh karena itu seorang pelari jarak pendek itu dilahirkan /bakat bukan dibuat. Suatu analisis struktural prestasi lari jarak pendek dan kebutuhan latihan dan pembelajaran untuk memperbaiki harus dilihat sebagai suatu kombinasi yang kompleks dari proses-proses biomekanika, biomotor, dan energetic. Lari jarak pendek bisa dilihat dari tahap-tahap berlari terdiri dari beberapa tahap yaitu : (sumber)
·         tahap reaksi dan dorongan (reaction dan drive)
·         tahap percepatan (acceleration)
·         tahap transisi/perubahan (transition)
·         tahap kecepatan maksimum (speed maximum)
·         tahap pemeliharaan kecepatan (maintenance speed)
·         finish Tujuan lari jarak pendek adalah untuk memaksimalkan kecepatan horizontal, yang dihasilkan dari dorongan badan ke depan.
4 Atlet Lari Tercepat diDunia
      Ussain Bolt

Usain Bolt Berkebangsaan Jamaica ini  disebut-sebut sebagai orang tercepat di dunia. Bagaimana tidak, atlet yang lahir pada tanggal 21 Agustus 1986 ini berhasil membuat rekor lari di nomor 100 meter dengan waktu 9,58 detik di kejuaraan Atletik dunia pada tahun 2009 silam. Selain itu memperoleh medali emas sebanyak 9kali , 11 kali memenangkan kejuaraan dunia

   Yohan Blake


Yohan Blake Lahir 26 Desember 1989 . Dia memenangkan emas di 100 m di Kejuaraan Dunia 2011 sebagai juara dunia termuda 100 m, dan medali perak di Olimpiade 2012 di London dalam lomba 100 m dan 200 m untuk tim Jamaika.
Blake adalah manusia tercepat kedua yang pernah berada di kedua 100 m dan 200 m. Bersama dengan Tyson Gay , ia adalah pria tercepat kedua bersama yang pernah lebih dari 100 m dengan pribadi terbaik 9,69 detik, di belakang hanya Usain Bolt [3] . Personal terbaiknya untuk 200 m (19,26 detik) adalah waktu tercepat kedua setelah Bolt. [4] Ia memegang rekor junior Jamaika nasional untuk 100 meter , dan dulunya pelari termuda yang menembus penghalang 10 detik (pada 19 tahun, 196 hari).
      Tyson Gay

Tyson Gay (lahir 9 Agustus 1982) Kebangsaan Amerika adalah seorang pelacak lintasan dan lapangan Amerika yang berkompetisi dalam lari 100 dan 200 meter . 100 m pribadi terbaiknya dari 9,69 detik adalah rekor Amerika dan membuatnya terikat untuk atlet tercepat kedua yang pernah ada. Waktu 200 m dari 19,58 membuatnya menjadi atlet tercepat keenam dalam acara itu. Kemudian juga memperoleh mendali emas dalam Osaka Championships tahun 2007 .


 Jesse Owens


James Cleveland "Jesse" Owens (lahir 12 September 1913 – meninggal 31 Maret 1980 pada umur 66 tahun) adalah olahragawanatletik asal Amerika Serikat yang mahir dalam sprint dan lompat jauh. Ia berpartisipasi dalam Olimpiade Musim Panas 1936 di BerlinJerman, di mana ia tenar di dunia internasional dengan meraih empat medali emas: di antaranya dalam lari 100 meter200 meter, lompat jauh, dan turut serta dalam tim estafet 4x100 meter, nama Owen dinobatkan dalam daftar 6 atlit terbaik asal Amerika Utara di tahun 2000an  .. Owen  merupakan perokok berat dan mengidap penyakit kanker paru-paru ,kemudian menyerah dan tutup usia (meninggal dunia) di tahun 1980 meninggalkan istri dan beberapa keluarganya

0 comments:

Post a Comment